Copyright © 23.
Design by Dzignine
Agustus 10, 2011

Somalia

"Setidaknya hingga saat ini 29.000 balita tewas kelaparan, 640.000 kekurangan gizi akut. Sementara 12 juta warga terancam kelaparan."

 
Saat gue masih loading karna baru bangun tidur, samar samar gue denger pemberitaan di tv tentang Somalia. Intinya yang gue dapet adalah. Somalia kelaparan. Ga pake mikir lagi, gue langsung idupin anote dan mulai search tentang Somalia. Gue search dengan keyword "Somalia" tapi yang muncul adalah tentang pembajak

Pelan pelan kita bahas tentang Somalia.
Menurut hasil penelusuran gue di wikipedia. Somalia adalah negara yang dapet status merdeka pada tahun 1960 dengan nama Republik Somalia. Republik Somalia adalah sebuah negara demokrasi parlementer sampai tahun 1969 sebelum akhirnya angkatan bersenjata pegang kepemimpinan dan ngejadiin Somalia sebagai negara sosialis dengan nama Republik Demokratik Somalia. 

Tahun 1977 Somalia terlibat konflik dengan Ethiopia karena Somalia menginginkan wilayah Ogaden yang secara tradisional merupakan wilayah Somalia karena banyak banget banget suku-suku Somalia yang menetap disana. Dengan bantuan Uni Soviet, Ethiopia berhasil mempertahankan wilayah itu dan menyebabkan lebih dari 1.000.000 keluarga mengungsi ke Somalia. Hal ini menimbulkan masalah pengungsi yang sangat besar di Somalia. 
Somalia sendiri memiliki jumlah tentara yang sangat kecil, karena negeri ini selalu dilanda konflik dan perang saudara yang berkepanjangan dan juga masalah perompakan yang belakangan menjadi sangat marak di wilayah laut Somalia

Suku suku di Somalia banyaaaak banget tapi dalam sejarahnya sering banget terjadi pertentangan antar suku. Ketidakharmonisan ini antara lain karena perebutan kekuasaan air, dan daerah penggembalaan ckckck 

Somalia nggak punya jalur kereta api, penduduknya biasa naik mobil atau kadang-kadang unta sebagai alat transportasi utama. itu tuh yang jadi penghambat arus ekonomi Somalia. Meskipun begitu, penyelenggaraan penerbangan udara diselenggarakan oleh Somalian Airlines.

Tingkat kesehatan di Somalia termasuk kecil dan ini menyebabkan penduduknya rentan terkena penyakit sehingga WHO dan juga UNICEF sering memberikan bantuan untuk menangani wabah penyakit di Somalia.
Bajak laut Somalia
Pada periode 2008-2009, perompak Somalia membajak tiga kapal pesiar milik warga Prancis.
Pada 2010, ada lebih dari 70 kasus pembajakan oleh bajak laut Somalia, sebagian ada yang sudah bebas.

Banyak deh cerita tentang perompak Somalia. hehe, silahkan di cari :D




Kelaparan di Somalia
Dari blogspot.com juga, gue nemu katakata tentang somalia gini nih.

Ramadhan ini, puluhan ribu muslim Somalia masuk dalam fase kelaparan terburuk dalam satu generasi.
Kata pengungsi Somalia, "Hari ini adalah hari terburuk yang pernah saya hadapi. Semua keluarga saya lapar dan saya tak punya apa-apa untuk memberi makan mereka,"
Kata pengungsi yang lain yang punya enam anak "Saya tak punya sedikitpun makanan untuk sahur dan berbuka puasa,"

Sumpah yaaa, miris banget. Kita kita yang berkecukupan makan saur gila, makanan berbuka lebih sadaaap lagi. Semuanya masuk ke perut. Bahkan mungkin lebih sering di buang buang. Mubazir, padahal anak anak Somalia segitu susahnya.
Sebenernya ga usah jauh jauh sih liat Somalia. Di Indonesia juga masih banyak yang kelaperan. Cuma, kalo kita bisa merhatiin dua dua nya gapapa kan ya? Haha :D

Ini nih pict hasil gue googling. Uhuk, miris :|


0 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...